DATA MIGRATION LÀ GÌ

Trias Ismi An experienced Content Writer with a demonstrated history of working in the digital truyền thông media industry.

Bisnis di era modern seperti saat ini sangat bergantung pada big data. Itu berarti proses data integration dan data migration adalah dua hal yang harus dilakukan dengan baik.

Bạn đang xem: Data migration là gì

Tahapan pertama dalam proses pengolahan data adalah data integration. Dalam tahapan ini dilakukan proses penggabungan data dari berbagai sumber.

Usai digabungkan, data pun dipindahkan ke lokađắm say penyimpanan baru, yang membutuhkan tahapan data migration dengan rencana mata.

Nah, apa saja yang perlu diperhatikan dalam salah satu proses penting ini? Yuk simak penjelasan mathienky.com.

Baca Juga: Tips Agar Cepat Pintar Belajar Data Mining

Pengertian Data Migration


*

IBM menjelaskan bahwa data migration adalah proses mentransfer data dari satu sistem penyimpanan ke yang lainnya.

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan perlu melakukan data migration. Misalnya, saat mereka ingin mengganti server atau perangkat penyimpanan data.

Selain itu, alasan lain mengapa dilakukannya data migration adalah untuk merombak sistem nhãn dán meng-upgrade database menjadi lebih canggih.

Namun, saat ini data migration biasanya dilakukan saat perusahaan ingin berpindah dari aplikamê say lokal penyimpanan data menjadi aplikaham mê berbasis cloud.

Apa pun alasan untuk melakukan data migration, tetap saja dibutuhkan rencamãng cầu yang jelas agar metode yang dilakukan bisa berjalan dengan aman.

Selain itu, biaya untuk melakukan proses migrasay mê data juga perlu dipertimbangkan agar bisa lebih hemat dan efisien.

Dalam proses ETL atau extract/transform/load akan melibatkan beberapage authority tahapan seperti transformamê mệt dan pemuatan data.

Jadi, data yang diekstrak harus melalui serangkaian persiapan dan baru akan dimuat ke lokamê man penyimpanan yang baru.

Jenis-Jenis Data Migration


*

Setelah mengetahui definitê mê dari data migration, kini ketahui juga apa saja jenisnya yang sering dilakukan oleh perusahaan.

Dilansir dari NetApp, berikut ini beberapage authority jenis data migration di antaranya adalah:

Storage migration

Jenis data migration yang pertama adalah storage migration atau migramê mệt penyimpanan. Dalam jenis ini data akan dipindahkan dari tempat penyimpanan yang lama ke tempat penyimpanan baru yang lebih canggih.

Umumnya perusahaan melakukan jenis migratê mê data yang satu ini karena ingin pusat datanya bisa diakses lebih cepat dan tentunya lebih aman.

Selain itu, data yang disimpan juga akan lebih mudah dicadangkan saat terjadi suatu masalah.

Cloud migration

Cloud migration adalah pemindahan data, aplikađê mê, atau elemen bisnis lainnya dari pusat data lokal ke database yang berbasis cloud.

Namun, saat data sudah disimpan dalam suatu cloud dan ingin dipindahkan ke cloud yang lain, rupanya juga tetap menjadi bagian dari jenis yang satu ini.

Xem thêm: Tây Ban Nha Dịch Sang Tiếng Anh, Tiếng Tây Ban Nha Tiếng Anh Là Gì

Application migration

Dalam jenis data migration ini terjadi proses pemindahan program aplikasay mê dari satu lingkungan database ke yang lainnya.

Jadi, bisa termasuk pemindahan seluruh aplikađê mê dari pusat penyimpanan lokal ke cloud, perpindahan antar cloud, atau pemindahan aplikađê mê data ke bentuk baru lainnya.

Baca Juga: 6 Pekerjaan Big Data Terpopuler dan Paling Banyak Dicari oleh Perusahaan

Strategi Data Migration


*

Data migration memerlukan direncanakan dengan baik. Jika perencanaannya kurang baik, tentu saja bisa menyebabkan kerugian seperti kehilangan beberapa bagian data yang diperlukan.

Dilansir dari Talkết thúc, berikut ini adomain authority beberapage authority hal yang perlu diperhatikan dalam membuat strategi data migration, antara lain:

1. Pahami data yang akan dipindahkan

Sebelum melakukan data migration, tentunya perusahaan harus pamê man terlebih dahulu apage authority sebenarnya data yang perlu dipindahkan.

Selain itu, apakah secài data tersebut mecó layak dipindahkan atau adomain authority yang perlu dibuang. Sedownload hal itu harus dipahangươi terlebih dahulu sebelum melakukan proses yang satu ini.

Jika tidak payêu thích apa tujuan dari dipindahkannya data tentu saja hal itu akan membuang banyak waktu dan biaya.

2. Membuat rencana proses migrađê mê data

Tahapan selanjutnya dalam melakukan strategi data migration adalah membuat rancangan proses pemindahan data.

Adomain authority beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan misalnya berapa banyak data yang akan dipindahkan, seperti apage authority kapasitas penyimpanan data tujuan, dan jadwal pemindahannya.

Selama proses perencanaan juga harus mempertimbangkan segi keamanan dari data. Pasalnya, keamanan setiap data harus tetap dilindungi selama proses pemindahan.

3. Persiapkan solusi yang diperlukan

Selain merencanakan proses pemindahan data dengan detail, adomain authority beberapage authority hal lain yang perlu dipersiapkan seperti soluham mê saat terjadinya masalah.

Misalnya, perusahaan ingin memindahkan data yang bervolume sangat besar, sebaiknya persiapkan cara yang tepat agar tidak adomain authority kesalahan yang terjadi. 

Salah satu caranya yaitu dengan memecah data dengan membuat beberapage authority bagian kecilnya terlebih dahulu.

4. Lakukan uji coba

Setelah membuat rencana proses pemindahan data, adomain authority satu tahapan yang harus dilakukan yaitu proses uji coba.

Tahapan ini sangatlah penting untuk menguji rencamãng cầu data migration dan memastikan sesở hữu berjalan dengan baik dan sesuai rencana awal.

5. Audit

Proses terakhir dari data migration adalah audit. Jadi, di tahapan ini kamu harus melakukan audit untuk memastikan kelancaran proses pemindahan data.

Baca Juga: Saatnya Belajar SQL, Bahasa Pemrograman untuk Kelola Database

Melakukan data migration mecó tidak mudah karemãng cầu membutuhkan strategi yang tepat dan ketelitian agar data tetap aman saat dipindahkan.

Itulah mengapa dalam melakukan proses ini perlu diperhatikan baik-baik mulai dari jumlah data, pusat penyimpanan data yang baru, hingga para stakeholder-nya.

Informaham mê seputar big data seperti data migration adalah hal yang penting untuk diketahui jika kamu tertarik dengan bidang yang satu ini.

Selain membaca informaham mê di atas, kamu juga bisa mendapatkan ilmu soal pentingnya data dalam bisnis langsung dari ahlinya.

Bagaimana caranya? Yuk, ikut kelas online mathienky.com ExpertClass dan klik banner di bawah ini untuk bergabung!